Rabu, 21 Desember 2011

Jumlah Penduduk Kalimantan Selatan

Banjarmasin - Berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2010 yang dilaksanakan, 1-31 Mei, jumlah penduduk Provinsi Kalimantan Selatan, lebih dari 3,6 juta.
"Petugas sensus masih melakukan penyisiran terhadap warga Kalsel, namun jumlah sementara penduduk Kalsel lebih dari 3,6 juta orang," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kalsel, Bambang Pramono, di Banjarmasin belum lama tadi.
Sedangkan hasil lengkap tentang jumlah penduduk Kalsel dari sensus penduduk tahun 2010, kata Bambang, baru bisa diketahui tahun 2010, namun jumlahnya secara global sudah bisa diketahui akhir Agustus 2010.
Menurut Bambang, jumlah penduduk Kalsel dari hasil sensus penduduk tahun 2010 tersebut terlihat akan kenaikan setiap tahun rata-rata sekitar dua persen.
Dari hasil sementara jumlah penduduk Kalsel secara global bulan Agustus 2010 itu, katanya, pihaknya belum bisa mengetahui rata-rata pendapatan perkapita masyarakat Kalsel.
Namun demikian, katanya, apabila data kependudukan yang telah disajikan secara lengkap 2011 tersebut, maka akan terlihat rata-rata pendapatan per kapita penduduk kalsel.
Dia mengakui, hasil sensus penduduk tahun 2010 oleh petugas BPS secara serentak itu, jelas ada pengaruhnya terhadap indek pembangunan manusia (IPM) Kalsel.
Mengingat dari rincian langkah hasil sensus penduduk itu, lanjutnya, terlihat usia sekolah dari masyarakat Kalsel, termasuk lama pendidikan dan hal itu merupakan salah satu indikator dari penilaian IPM.
Seperti diketahui, IPM Kalsel yang indikatornya pendidikan, kesehatan dan ekonomi itu, sampai tahun 2009 masih berada pada posisi ke-26 dari 33 provinsi di Indonesia, namun dari usia harapan hidup masyarakat setempat terus mengalami peningkatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar